DISCOVERY LEARNING IN CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION TO INCREASE LEARNING ACHIEVEMENT
Abstrak
Pandemic covid-19 telah mengubah metode dan akomodasi pendidikan. Peralihan dari offline ke online seharusnya diikuti dengan metode yang segar dan relevan. Namun, hal ini tidak terjadi di seluruh Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Pusaka Abadi kelas V. Masih banyak guru yang tidak memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan metode belajar online yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode belajar Discovery learning pada masa pandemic. Meteode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, hanya 30% siswa yang memahami materi selama proses belajar mengajar di sekolah. Kemudian peneliti menerapkan dua metode yaitu siklus satu dan siklus dua. Berdasarkan penelitian, hasil siklus I mengalami peningkatan sebesar 60% setelah diterapkan model discovery learning. Selain itu, penerapan siklus II meningkat pesat hasilnya sebesar 100%
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ambarita, J., Yuniati, E., & Sinaga, N. (2020). Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(2), 174–193. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i2.1999
Amos Hosea. (2019). Karakteristik Pendidikan Iman dalam Pentakostalisme. Diegesis : Jurnal Teologi. https://doi.org/10.46933/dgs.vol4i251-57
Benyamin, P. I., Salman, I., & Pantan, F. (2021). Evaluasi pembelajaran daring Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi. Jurnal Teologi Berita Hidup, 4(1), 52–59.
Benyamin, P. I., Sinaga, U. P., & Gracia, F. Y. (2021). Penggunaan “Platform” Digital pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 60–68.
Benyamin, P. I., Sumarno, Y., & Sinaga, U. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Penggunaan Media Pembelajaran “Quizizz” di Masa Pandemi Covid-19. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2).
Betakore, Y. (2021). Menggapai Pengetahuan , Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan- Spiritualitas dalam Pendidikan Agama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3975–3983.
Djaya, I. D., Hardori, J., & Paruntung, J. P. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara. 11(1), 54–62.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92
Mahendra, Y., Fernando, Y. V, & Runesi, A. (2022). Metode Sersan Sebagai Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif dalam Kelas Virtual di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1668–1677.
Mohamad Nurdin & Uno B Hamzah. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. PT. Bumi Aksara.
Novalis, D., Sumarno, Y., & Paruntung, J. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 27–39.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Pakpahan, G. K. R., Hasiholan, A. M., & Salman, I. (2021). Budaya Sungkem Desa Samirono dalam Perspektif Hukum Taurat ke-5 dan Generasi Muda. Lektur Keagamaan, 19(2), 521–554. https://doi.org/10.31291/jlka.v19.i2.990
Pakpahan, G. K., Salman, I., Setyobekti, A. B., Sumual, I. S., & Christi, A. M. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah radikalisme. KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 435–445.
Pantan, F., Timadius, H., Pakpahan, G. K. R., & Cahyono, H. (2021). Prinsip Didaktik Pentakostal: Ekstraksi Teologis dan Pedagogis dari Paulo Freire. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2).
Prasetyana, S. D., & Maridi, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Yang Diintegrasikan Dengan Group Investigation Pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri Karangpandan. Inkuiri, 4(2), 135–148. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
Putri, C. M. S., Sumarno, Y., & Benyamin, P. I. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Ilmu Pengetahuan Alkitab dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Teologi Kristen Bethel, Jakarta. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 10–19.
Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Smp Melalui Discovery Learning. Edusentris, 2(3), 241. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177
Simanjuntak, J. M. (2018). Learning As Church Identity And Duty [Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gereja]. Jurnal Jaffray, 16(1), 1–24. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.279
Sugiono, S. (2008). PAK Dan Penginjilan Dalam Amanat Agung Yesus Kristus. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–16.
Sugiono, S. (2014). Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK). In J. Gultom & F. Pantan (Eds.), Reaffirming our Identity: Isu-isu Terpilih Menjawab Perubahan Sekaligus Mempertahankan Identitas (pp. 167–186). Bethel Press.
Sumarno, Y., Christi, A. M., Gracia, F. Y., Runesi, A., & Timadius, H. (2021). Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 226–244.
Sumarno, Y., & Ocktavian, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1).
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah Yang Dihadapi Dunia Pendidikan Dengan Tutorial Online: Sebuah Short Review. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 187. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1178
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



