PENGARUH KREATIFITAS BERCERITA GURU SEKOLAH MINGGU TERHADAP MINAT ANAK BERIBADAH DI GBI PETAMBURAN
Abstrak
Minat anak beribadah Sekolah Minggu merupakan semangat yang harus diinternalisasikan dalam segala hal. Banyak faktor yang menyebabkan anak ingin datang beribadah. Mulai dari ruangan yang baik, banyaknya alat peraga, dan kreativitas guru dalam mengajar. Salah satu pengaruh yang perlu diberi perhatian khusus adalah cara bercerita guru dalam mengajar. Artikel ini bertujuan menganalisis pengaruh kreatifitas guru Sekolah Minggu dalam bercerita terhadap minat anak beribadah Anak Bethel Indonesia usia 8-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model pengumpulan data melalui survei. Hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat pengaruh antara kreatifitas guru Sekolah Minggu dalam bercerita terhadap Minat anak beribadah ABI usia 8-12 tahun di GBI Petamburan. Jadi dari analisis uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara pengaruh kreatifitas guru Sekolah Minggu dalam bercerita terhadap minat anak beribadah ABI usia 8-12 tahun di GBI Petamburan dengan kuatnya hubungan antara variabel ini sebesar 0,251. Dan kontribusi terhadap minat anak beribadah hanya sebesar 6,3 % dan sisanya sebesar 93,7 % ditentukan oleh variabel lainnya yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kreatifitas guru Sekolah Minggu dalam bercerita terhadap minat anak beribadah ABI usia 8-12 tahun di GBI Petamburan adalah rendah.
Referensi
Creswell, John W. 2013. Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pantan, Frans. 2016. “Metafisika Pendidikan Iman Di Gereja.” Diegesis: Jurnal Teologi 1, no. 1.
———. 2017. “Ontologi Pendidikan Iman Kristen.” In Education for Change, edited by Junifrius Gultom. Jakarta: Bethel Press.
Pattinama Yenni Anita. 2019. “Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja.” Jurnal Scriptia Teologi Dan Pelayanan Kontekstual 4, no. 2: 132–50.
Simanjuntak. 2011. Seni Bercerita (Cara Bercerita Efektif). Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Sudi, Ariyanto, and Erika Helina. 2010. Menciptakan Sekolah Minggu Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Gloria Grafa.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alpabeta.
Sugiono, Sadrakh, and Johni Hardori. 2020. “Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif.” Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2: 14–24. https://doi.org/10.46933/dgs.vol5i214-24.
Tri, Budiarjo. 2011. Pelayanan Anak Yang Holistik. Yogyakarta: ANDI Offised.
Vaaland, Grete Sorensen. 2016. “Pupil Aggressiveness, Teacher Authority and Disruptive Classroom Behavior.” University of Stavenger.
Wade, Jumesha Shirvon. 2017. “Sunday School Is Marching On: An Exploration of Children’s Perceptions of Church, Sunday School, and a Bible-Based Sunday School Lesson.” University of Kansas.