GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI MENTORING BAGI KORBAN BULLYING
Abstrak
Perasaan diri yang tidak berharga dan dibawah tekanan menjadikan korban bullying mereka bahwa dirinya tidak kuat untuk menjalani sekolah. Guru mencoba untuk dapat membuka cara berpikir yang membuatnya menjadi korban tersebut berubah mereka adalah berharga. Penelitian ini mengajak pembaca untuk melihat betapa besarnya dampak yang ditanggung bagi mereka yang mengalami bullying. Metode yang digunakan menggunakan library research di mana data semua bersumber pada buku dan artikel ilmiah. Analisa yang didapat bahwa seorang guru harus menjadikan diri sebagai seorang mentor yang dapat membantu siswa untuk keluar dari masalah mereka, sehingga mereka dapat terbangun kembali daya juang untuk dapat sekolah.
Referensi
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai Determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43
Boiliu, F. M., & Polii, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.18
Esther Rela Intarti. (2021). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai motivator. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI, 4(1), 36–46.
Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf” Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.710
Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Smk Al-Bana Cilebut Bogor. Jurnal Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam , Vol. 1(1B), 146–157.
Husain, H., Sembiring, L. A., & Simon. (2021). Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru pada Pendidikan Kristiani Masa Kini. Regula Fidei, 6(2), 183–195.
Jannes Eduard Sirait. (2017). Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif dan Menarik. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 16–38. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/issue/viewFile/14/12
Lexy, M. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mansyur, A. I., Badrujaman, A., Imawati, R., & Fadhillah, D. N. (2020). Konseling Online Sebagai Upaya Menangani Masalah Perundungan Di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 140–154. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8501
Maringan, A., & Fernando, Y. V. (2021). Manfaat Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Pendidikan Kristen pada Era Postmodern. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2400–2410.
Novalis, D., Sumarno, Y., & Paruntung, J. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 27–39.
Palmer, P. J. (1998). The Courage to Teach : Exploring the Inner Landscape of a Teacher’s Life. Jossey-Bass Publishers.
Paulus, B., & Lahawia, C. D. (2021). Guru Sekolah Minggu , Fungsinya Sebagai Mentor untuk Mengubah Perilaku Anak Usia 5-7 tahun di GBI Jesus Answer Danowudu. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1, 168–180.
Praptiningsih, N. A., & Putra, G. K. (2021). Toxic Relationship Dalam Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja. Communication, 12(2), 132. https://doi.org/10.36080/comm.v12i2.1510
Putra Gratia, Y., Benyamin, P. I., Sumarno, Y., & Wariki, V. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan. Jurnal Ecodanamika, 3(1).
Qodratulloh, W. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Karakter Melalui Mentoring Pendidikan Agama Islam di Politehnik Negeri Bandung. Jurnal Handayani, 7(1), 13–19.
Sadono, S., & Sahartian, S. (2020). Paulus sebagai Teladan Pendidik Kristen Masa Kini. 5(September), 132–147.
Sahertian, C. D. W. (2020). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Mara Christy, 1, 51–58. http://jurnal.iaknambon.ac.id/index.php/MC/article/view/65
Sari, Y. P., Mulyanti, L. D., & Oktriani, T. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Menggunakan Metode Mentoring Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. NERS Jurnal Keperawatan, 11(1), 41. https://doi.org/10.25077/njk.11.1.41-49.2015
Setiani Putri, C. M., Sumarno, Y., & Issak Benyamin, P. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Ilmu Pengetahuan Alkitab dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Teologi Kristen Bethel, Jakarta. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 10–19.
Simon, S., & Angkouw, S. R. (2021). Perintisan Gereja Sebagai Bagian Dari Implementasi Amanat Agung. Manna Rafflesia, 7(2), 210–234. https://doi.org/10.38091/man_raf.v7i2.142
Sormin, A. S. (2017). Hubungan Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Paidagogeo, 2(5), 117–121.
Sumarno, Y. (2019). Etika Guru Sekolah Minggu. In G. K. R. Pakpahan & S. Sugiono (Eds.), Etika Kehidupan untuk Semua (Pertama, p. 219). Bethel Press.
Wijaya, O. Y. A. (2016). Mentoring dan Coaching sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan: Studi Fenomenologi. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 675–682. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.4.08
Wongkar, A. A., Sumarno, Y., & Rini. (2020). Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Edukasi, 11(1), 1–7.
Yulianingsih, D. (2020). Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 3(2), 285–301. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i2.186
Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1). https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47
Yunita, T., Rafifah, T., & Anggraeni, D. (2021). Say No to Bullying Behavior : Implementasi Nilai Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.174