PENERAPAN METODE BELAJAR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • Leorince Leorince STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Tirza Cariline Abast STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Noviana Shinta Uli STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Ninta Tangkelang STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Meilia Priskila STT Bethel Indonesia Jakarta
Kata Kunci: Teacher, problem solving, discussion, accompaniment

Abstrak

Critical thinking skills enable every student to excel in digesting decisions in their daily lives. However, teachers are still not considered to provide space for each student to manage problems into solutions for the future. So the researchers here conducted research on how a teacher becomes a companion in learning through a problem solving method approach. This method of course uses a qualitative with a descriptive approach which is combined to see the depth of the data taken through journals and books. Therefore, it was found from the results of the research that a teacher can implement this problem solving method in learning Christian religious education through the values contained in the Bible, taking a problem that exists in the field, then discussing it to find a solution behind the problem contained in it. field.

Referensi

Affandy, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 69–93. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Budiman, E., Hasudungan, R., & Khoiri, A. (2017). Online Game “ Pics and Words ” Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Html. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1).

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siwa Sekolah Menengah Pertama. Empati, 7(3), 154–159.

Gratia, Y. P., Issak Benyamin, P., Sumarno, Y., & Wariki, V. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Korban Kemiskinan. Jurnal Ecodunamika, 3(1), 1.

Gumanti, R. W. (2020). Inovasi Pendidikan dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(4), 189. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.47

Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 62–74. https://doi.org/10.46494/psc.v16i1.72

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 4.

Hasanah, H. (2016). Implikasi Psiko-Sosio-Religius Tradisi Nyadran Warga Kedung Ombo Zaman Orde Baru. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(2), 17. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1142

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Juhji. (2016). Peran Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Korua, J. K., Siagian, S., & K, A. H. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12580

Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. Jurnal Teologi Gracia Deo, 1(2). https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i2.9

Marbun, P. (2019). Strategi Pembelajaran Transformatif. Diegesis: Jurnal Teologi, 4(2).

Novebryanti, R. (2017). Pengembangan Modul Teknik Dasar Konseling bagi Mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling di STAKN Tana Toraja. 111.

Novianti. (2015). Peranan Psikologi Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. JUPENDAS, ISSN 2355-3650, Vol. 2, No. 2, September 2015, 2(2).
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278

Pantan, F., & Kristina Natalia, E. S. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak di Sekolah Minggu. Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1).

Pattinama Yenni Anita. (2019). Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja. Jurnal Scriptia Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, vol.4.no.2(2), 132–150.

Prananingrum, R. (2020). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Pendekatan Metode Student Center Learning Tipe Cooperative Learning dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Div Keperawatan Anestesiologi Its Pku Muhammadiyah Surakarta. Intan Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, 8(2). https://doi.org/10.52236/ih.v8i2.188

Pranindhita, B. R. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja melalui Layanan Bibliotherapy. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 22–30.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.190

Qomariah, S., Nursobah, & Lailiyah, S. (2019). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019.

Sastria, A., & Muhammad, A. (2018). Perbandingan Metode Pembelajaran Active Learning Dengan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 7(2).

Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40–52.

Sormin, A. S. (2017). Hubungan Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Paidagogeo, 2(5), 117–121.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., At Thaariq, Z. Z., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14

Syarif, I., & Abuamar Ratuloly, M. (2020). Penanaman Nilai Kearifan Lokal pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Multikultular. Heritage, 1(2). https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i2.13

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1). https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.33

Wahyuni, R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37–43.

Wongkar, A. A., & Sumarno, Y. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada Siswa Kelas Vii Smtk. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 1–7.

Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid dalam Proses Pembelajaran di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1). https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47
Diterbitkan
2021-04-30