PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI MASA PASCA PANDEMIC COVID-19

  • Vanny Alfrits R. Paendong STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Constansia Magrate Adriaanz STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Dorkas Alinda Beten STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Fardi Lala STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Jhon Petrus Malau STT Bethel Indonesia Jakarta
Kata Kunci: Teacher, learners, loss learning, learning

Abstrak

Teacher creativity has a big influence on ongoing learning. The danger of learning loss is a challenge for Christian religious education teachers to package learning as interesting and enjoyable as possible for each student. The focus of the problem in this research is the danger of learning loss in the world of education after the Covid-19 pandemic. Researchers used the right method, namely by taking a qualitative approach based on data presented in empirical and descriptive form. As for the results obtained, a teacher who provides fun and digital-based learning will play an important role in the continuity of learning, because here it can prevent the dangers of learning loss.

Referensi

Barus, H. (2019). Pelayanan Kaum Muda dalam Menciptakan Generasi yang Bersinar. SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 30–38. https://doi.org/10.47166/sot.v2i1.3

Bayoe, Y. V., Kouwagam, M. L., & Tanyit, P. (2019). Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Jaffray, 17(1), 141. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.327

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Budiyana, H. (2018). Roh Kudus dalam Proses Pembelajaran Pendidikankristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal. Jurnal Teologi Berita Hidup, 1(1), 57–77. https://doi.org/10.38189/jtbh.v1i1.5

Dachi, O., Lase, D., Gabriel, G., Ziliwu, F., Ndraha, Y., & Ndraha, A. (2019). Pergumulan Disekitar Gereja & Pendidikan. PBMR ANDI: Penerbit Buku Dan Majalah Rohani.

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212

Djaya, I. D. (2020). Kontribusi Pembelajaran PAK terhadap Kerohanian Siswa SMPN 122 Jakarta Utara. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 55–56.

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan kepala Sekolah yang Efektif dalam Menciptakan Sekolah Efektif. JURNAL TARBIYAH, 23(1).

Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, 1(1), 195–202.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38.

Hartika, M., Kristiyani, D. N., & Mayopu, R. G. (2018). Peran Pemerintah Serta Pemuka Agama Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Salatiga Untuk Hidup Berdampingan Melalui Tagline “Kota Salatiga Hati Beriman.” Pax Humana, 4(1), 063–084.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hermansyah. (2020). Analisis teori behavioristik (Edward Thordinke) dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15–25.

Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 67–71.

Jariyah, A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 : Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196.

Julianto, A. (2019). Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24644

Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2018). Penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5 tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830

Lexy, M. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mahendra, Y., & Riska Cahyadi, L. (2019). Penerapan Metode Cerita Bervariasi Terhadap Karakter Siswa. Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 1–23.

Marthen Sahertian. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 108.

Mau, M. (2020). Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 145–161. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60

Mukhamad Murdiono. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini, 38(2), 167–186.

Oci, M. (2019). Implikasi Misiologi dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen di Gereja Lokal. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), 81–99. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.29

Prawono, Y. (2020). Desain Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi Anak. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 130–144. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.61

Restian, A. (2016). Desain Pembelajaran Tari Dengan Pendekatan Paikem Gembrot Dalam Theory of Art di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 146. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2722

Riniwati. (2016). Iman Kristen dalam Pergaulan Lintas Agama. STT Simpson Ungaran, 1(1), 21–36.

Sakroni. (2019). Peran Pekerja Sosial Sekolah Dalam Menangani Perundungan Di Sekolah-Sekolah di Bandung. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 9(1), 71–84.

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan, September, 209.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 73–80.

Sianipar, D., Kia, A. D., Rantung, D. A., & Sairwona, W. (2019). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Warga Binaan Kristen Melalui Pendidikan Agama Kristen di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba Jakarta Pusat. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1274

Sopacoly, M. M., & Lattu, I. Y. M. (2020). Kekristenan dan Spiritualitas Online: Cybertheology sebagai Sumbangsih Berteologi di Indonesia. GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 5(2), 137. https://doi.org/10.21460/gema.2020.52.604

Sudianto, A., & Samsu, L. M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(2), 53–60.

Sulastri, S., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Jamaluddin, Ayuningsih, A. N., & Nurliah, A. (2019). Pengaplikasian Quizizz Pada Pembelajaran Laps-Talk-Ball Dalam Melatih Kemampuan Complex Problem Solving Siswa. Bidang Ilmu Administrasi, 341.

Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Tanjung, R. (2020). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 64–73.

Wahdini. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi Dalam Bimbingan Klasikal pada siswa Kelas IX. B SMP Negeri 2 Pujut Tahun Pelajaran 2017/2018 Wahdini. Jurnal Ilmu Sosail Dan Pendidikan, 3(2), 1–11.

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1). https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.
Diterbitkan
2021-04-30