THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING THE LEARNING-BY-PLAY METHOD IN CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION FOR PELITA KASIH PRESCHOOL CHILDREN IN PROBOLINGGO

  • Alex Frans Nathanael Nasution Hoseo University, South Korea
  • Habakuk Sethio Ruku STT Bethel Indonesia, Jakarta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prinsip belajar yang efektif bagi anak usia dini. Dimana pembelajaran yang dikembangkan disesuaikan dengan psikologis pada anak usia dini. Landasan teori dalam penelitian ini adalah konsep bermain sambil belajar. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana narasumber ditanya langsung dari pengajar yang ada pada PAUD Pelita Kasih yang ada di kota Probolinggo. Bentuk interaksi dalam kelas merupakan pendekatan dalam kreatifitas guru sebagai seniman. Guru sebagai seorang seniman berupaya dan berperan untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan melalui metode pembelajaran yang inovatif. Oleh sebab itu, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode belajar sambil bermain dapat membangun interaksi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar sambil bermain adalah salah satu metode pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan bermanfaat untuk meningkatkan interaksi siswa serta menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam penerapannya, guru juga perlu memerhatikan jenis permainan edukatif yang digunakan untuk menerapkan metode belajar sambil bermain.

Referensi

Akanbi, Solomon O., and Jaco Beyers. 2017. “The Church as a Catalyst for Transformation in the Society.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 73, no. 4: 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v73i4.4635.

Amiran, Salmon. 2016. “Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367.

Chandra, Donny Charles. 2019. “Fungsi Teori Dalam Metode Penelitan Kualitatif.” Reseach Gate.

Farhurohman, Oman. 2017. “Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta 2, no. 1: 27–36.

Francis, Tracy, and Fernanda Hoefel. 2018. “‘True Gen’: Generation Z and Its Implications for Companies.” McKinsey & Company.

Garneli, Barbara, Michail N. Giannakos, Konstantinos Chorianopoulos, and Jaccheri Letizia. 2013. “Learning by Playing and Learning by Making.” In Springer-Verlag Berlin Heidelberg, 76–85. https://doi.org/10.1007/978-3-642-40790-1.

Holis, Ade. 2006. “Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 909–16. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145.

Kaput, K. 2018. Evidence for Student-Centered Learning. Minnesota: Education Evolving.

Marlina, Serli, Zahratul Qolbi, and Rafhi Febryan Putera. 2020. “Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Imiah Potensia 5, no. 2: 83–90.

Mauro, María Florencia Di, and Melina Furman. 2016. “Impact of an Inquiry Unit on Grade 4 Students’ Science Learning.” International Journal of Science Education 38, no. 14: 2239–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1234085.

Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, Anis Yulia Citra, and Nathaniel David Schulz. 2016. “Belajar Dan Bermain.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 2: 128–42.

Nurdiani, Yani. 2013. “Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan).” Empowerment 2, no. 2: 85–93.

Rosarian, Ananda Wini, and Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro. 2020. “Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 2: 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Uzer, Yuspar. 2019. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak Dan Lagu Untuk Anak Paud.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2: 187. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3117.

Widyastuti, Susana. 2010. “Belajar Sambil Bermain : Metode Mendidik Anak Secara Komunikatif.” Seminar “Mendidik Anak” Di Sekolah Teruna Bangsa Klaten.

Zaini, Ahmad. 2019. “Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3, no. 1: 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.
Diterbitkan
2020-11-30