ANALISIS METODE MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK MASA PRA-REMAJA TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK DAN MENTAL
Abstrak
Masa pra-remaja adalah masa yang dikenal dengan usia belasan tahun dan biasanya juga disebut sebagai masa awal terjadinya pubertas. Banyak masalah-masalah yang terjadi pada usia ini baik dalam perkembangan fisik dan mental, salah satunya adalah dalam usia ini anak suka memberontak, susah diatur, tidak percaya diri, merasa malu dengan penampilan, cepat bosan, dan lain sebagainya. Tentu hal ini menjadi sebuah kendala bagi pengajar khususnya guru pendidikan agama Kristen dalam mengajar peserta didik dalam usia ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis metode mengajar yang tepat untuk diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Kristen bagi para siswa di jenjang pra-remaja. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan memberikan gambaran dan jawaban jawaban dari permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang guru harus mengajar dengan (i) mengkondisikan kebutuhan psikologi anak; (ii) melakukan mentoring dan disiplin kepada anak; (iii) memberikan keteladanan hidup; dan (iv) mMenjadi motivator dan pendengar yang baik bagi anak.
Referensi
.