PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERKEMBANGAN SPIRITUALITAS SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA ERA MILENIAL

  • Axel William Fritz Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sinta Susilo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Videlva Aracelly Hartanto Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Spiritualitas, Siswa-Siswi SMA, Milenial

Abstrak

Spiritualitas anak merupakan hal penting yang harus mendapatkan perhatian lebih dari orang tua. Hal ini merupakan nilai yang harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini karena perkembangan spiritual anaklah yang akan menentukan hubungannya dengan Tuhan dan sesama. Spritualitas Kristen merujuk pada hidup rohani yang dipimpin oleh Roh Kudus untuk semakin menimani dan mencintai Yesus Kristus dalam hidupnya secara total. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginternalisasi nilai-nilai agama Kristen kepada siswa/i. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode analisis kualitatif deskriptif dengan instrument yang digunakannya adalah Angket yang dibuat dengan google form. Melalui penelitian yang kami lakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Kristen dapat mempengaruhi perkembangan spiritualitas siswa-siswi SMA pada era milenial. Guru dalam mengajar harus mengingatkan tentang betapa baiknya Tuhan serta bagaimana mujizat yang diberikannya, sehingga dalam menghadapi segala rintangan, mereka bisa merasa tenang dan damai karena ada Tuhan yang selalu bersama mereka dan menguatkan hati mereka dalam menjalankan semua masalah yang dia hadapi. Namun masih ada yang merasa bahwa Pendidikan Agama Kristen tidak mempengaruhi perkembangan spiritualitas karena sekarang teknologi semakin maju sehingga apa yang Tuhan kehendaki itu tidak sesuai dengan kemauan mereka sehingga memutuskan untuk menjauhinya dan beberapa materi yang diberikan semakin sulit sehingga kurang dapat dipahami oleh siswa-siswi SMA. Harapannya melalui artikel ini, dapat menjadi pegangan bagi guru-guru Pendidikan Agama Kristen yang akan mengajar sehingga selalu mengalami improvisasi dalam mengajarnya.

Referensi

Andrianti, Sarah. 2016. “Pemahaman Tentang Karunia Roh Kudus Dalampemberdayaan Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Antusias 4, no. 7: 34–61. https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/3.

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. 2020. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2: 76–91. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.18.

Budijanto, Bambang. 2018. Buku Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia. Jakarta: Bilangan Research Center.

Burdett, Michael S. 2017. “Assessing the Field of Science and Religion: Advice from the Next Generation.” Zygon 52, no. 3: 747–63. https://doi.org/10.1111/zygo.12352.

Creswell, John W. 2013. Reserch Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Graendorf, Werner C. 1981. Introduction to Biblical Christian Education. Chicago: Moody Press.

Marbun, Purim. 2104. “Gereja Sebagai Pusat Pendidikan Jemaat.” In Reaffirming Our Identity: Isu-Isu Terpilih Menjawab Perubahan Sekaligus Mempertahankan Identitas, edited by Junifrius Gultom and Frans Pantan. Jakarta: Bethel Press.

Pakpahan, Gernaida Krisna R. 2017. “Identitas Pendidikan Keluarga: Pengantar Awal Mengenai Pendidikan Dalam Keluarga Yahudi Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Anak Dalam Keluarga Kristen.” In Education For Change: Sebuah Bunga Rampai Mendidik Untuk Perubahan Dari Berbagai Aspek, 75–101. Jakarta: STT Bethel Indonesia.

Pantan, Frans. 2017. “Ontologi Pendidikan Iman Kristen.” In Education for Change, edited by Junifrius Gultom. Jakarta: Bethel Press.

Pazmino, Robert W. 2012. Fondasi Pendidikan Kristen; Suatu Pengantar Dalam Perspektif Injili. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Rantesalu, Syani Bombongan. 2020. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2: 214–29. https://doi.org/10.34307/b.v3i2.152.

Rossiter, Graham. 2010. “Religious Education and The Changing Landscape of Spirituality: Through The Lens of Change In Cultural Meanings.” Journal of Religiious Education 58, no. 2: 25–36.

Setyobekti, Andreas Budi. 2017. Pondasi Iman. Jakarta: Bethel Press.

Stephenson, Christopher A. 2013. Types of Pentecostal Theology: Method, System, Spirit. USA: The American Academy of Religion. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199916795.001.0001.

Sugiono, Sadrakh. 2008. “PAK Dan Penginjilan Dalam Amanat Agung Yesus Kristus.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1: 1–16.

Diterbitkan
2020-11-30