PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBINA KARAKTER GENERASI Z

  • Yuel Sumarno STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Christian Yohanes STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Dalmasius Filemon STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Debora Putri STT Bethel Indonesia Jakarta

Abstract

Generation Z is the nation's next generation who are technology savvy. However, it becomes a real problem if the technology used prevents them from developing and maximizing the potential they provide. This research explores more deeply the guidance and role of a teacher in developing Generation Z. The method used is qualitative with data taken based on literature study. The results obtained are that a teacher must teach with a heart full of sincerity and guidance which is carried out by entering the world of Generation Z so that the learning provided and the values can be applied to the lives of Generation Z.

References

Agung, I., & Astika, M. (2011). Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SMA Gamaliel Makassar. Jurnal Jaffray, 9(2), 147. https://doi.org/10.25278/jj71.v9i2.99

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten Prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735
Dewi, D. I. H., & Sukma, S. A. (2020). Cinta Lingkungan sebagai Implementasi Nilai Karakter Religius: Suatu Perspektif Berdasarkan Efesus 5:1-21. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.51730/ed.v4i1.25

Efianingrum, A. (2020). Membaca Realitas Bullying di Sekolah: Tinjauan Multiperspektif Sosiologi. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32584

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04).

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947

Gultom, J. M. P., Hutapea, H., Butar-Butar, R., & Prasetyo, E. (2019). Pembinaan Iman Kristen untuk Pekerja Indonesia di Ladang Sawit Sitiawan, Perak. REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.53547/rcj.v2i1.112

Gumanti, R. W. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(4), 189. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.47

Gunawan. (n.d.). Memaknai Mimpi Bersama Santo Yusuf (M. Trias (ed.)). Penerbit Kanisus.

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1

Husna, K., & Supriyadi, S. (2019). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Jeklin, A. (2016). Fundamen Dalam Tata Administrasi Pendidikan Agama Kristen & Gereja. 6(July), 1–23.

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Katarina, K., & Siswanto, K. (2018). Keteladanan Kepemimpinan Yesus Dan Implikasinya Bagi Kepemimpinan Gereja Pada Masa Kini. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 87. https://doi.org/10.46445/ejti.v2i2.102

Korua, J. K., Siagian, S., & K, A. H. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12580

Marbun, P. (2019). Strategi Pembelajaran Transformatif. Diegesis : Jurnal Teologi, 4(2). https://doi.org/10.46933/dgs.vol4i241-49
Marbun, R. C. (2019). Kasih dan Kuasa Ditinjau dari Perspektif Etika Kristen. Jurnal Teologi Cultivation, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.46965/jtc.v3i1.259

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.

Novalis, D., Sumarno, Y., & Paruntung, J. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 27–39.

Panglipur, P. J., & Listiyaningsih, E. (2017). Sastra Anak Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter Di Era Global. Jurnal UNEJ, 687–696.

Pous, H. (2020). Pembinaan Nilai Karakter Mandiri melalui Pembelajaran PPKN Pada Siswa Kelas VIIa di SMP Kristen Wee Rame Kecamatan Wewewa Tengah Kabupaten Sumba Barat Daya. Gatra Nusantara Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 18(1), 18–27.

Pratiwi, N. K. S. P. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908

Rastati, R. (2018). Media Literasi bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72

Rivayanti, R., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.25

Rouf, A. (2019). Pengembangan Kreativitas Belajar Guru Akidah Akhlak. Jurnal Elementary, 7(1), 125–132.

Sapari, Y. (2018). Komunikasi dalam Perspektif Teori Pertukaran. Jurnal Signal, 6(1). https://doi.org/10.33603/signal.v6i1.950

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Simatupang, T. . (1967). Tugas Kristen Dalam Revolusi: Percikan Pergumulan Seorang Awam Modern di tengah-tengah dunia yang bergejolak. BPK: Gunung Mulia.

Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40–52. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sumarno, Y. (2019). Etika Guru Sekolah Minggu. In G. K. R. Pakpahan & S. Sugiono (Eds.), Etika Kehidupan untuk Semua (Pertama, p. 219). Bethel Press.

Sumarno, Y., & Munthe, B. (2009). Pengetahuan Alkitab (A. Gultom & L. Yulianti (eds.)). Bina Media Informasi.

Sunarko, A. S. (2020). Implikasi keteladanan Yesus sebagai pengajar bagi pendidikan kristen yang efektif di masa kini. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(September), 126–130.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Telaumbanua, A. (2020). Profil Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Pemimpin yang Melayani. Jurnal Teruna Bhakti, 3(1), 48. https://doi.org/10.47131/jtb.v3i1.54

Widjaja, F. I. (2019). Pluralitas Dan Tantangan Misi : Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Agama. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 1–13.

Wulanata, I. A. (2018). Peran dan Karya Roh Kudus serta Implikasinya terhadap Pengembangan Pribadi dan Kualitas Pengajaran Guru Kristen. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 19. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.32.

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(2), 145–154.

Zamaludin, I., Yusnaeni, W., & Amelia, S. (2016). Perancangan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Bahasa Jerman Berbasis Web. Jurnal PROSISKO Vol., 3(2)

Zega, F., & H, H. (2020). Konsep Pertobatan Menurut 2 Korintus 7: 8-11. Jurnal Teologi Cultivation, 4(1), 30–43. https://doi.org/10.46965/jtc.v4i1.215
Published
2021-04-30