Analisis Pentakostalisme terhadap Markan Ending

  • valentino wariki stt_bethel_indonesia

Abstract

Permasalahan tekstual yang terdapat pada Markan Ending tidak memengaruhi kaum Pentakostal dalam kesetiaannya terhadap teks ini. Kelompok Pentakostal merupakan komunitas yang karakter gerejanya lekat dengan karunia Roh. Markan Ending telah menjadi bagian dari Kitab Suci yang demikian melekat pada Pentakostalisme.

Sejarah menunjukkan bahwa persebaran dua Markan Ending yaitu Abrupt Ending dan Long Ending terjadi secara natural dan diterima baik  oleh banyak kelompok gereja. Historitas kedua Markan Ending yang telah ada sejak masa awal gereja menjadi bukti bahwa teks ini tidak saling berkonfrontasi.

Melalui Pentecostal Reading maka terbuka cara yang fair dalam melihat kedua penutup Injil Markus ini sebagai bagian sakral Kitab Suci yang tak terpisahkan. Kisah Para Rasul 2 yang menjadi ideology dasar Pentakostalisme menjadi penghubung dengan bagian lain dari teks Kitab Suci guna mengungkap relevansi dogmatis dari ajaran yang terdapat dalam Markan Ending.

Published
2020-06-30
How to Cite
wariki, valentino. (2020). Analisis Pentakostalisme terhadap Markan Ending. Diegesis : Jurnal Teologi, 5(1). https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%p
Section
Articles