Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

FORMAT

  • Naskah dikirim dalam bentuk berkas yang dibuat dengan menggunakan piranti lunak pengolah kata (Microsoft Word, Open Office). Tidak diperkenankan mengirimkan berkas yang tidak dapat diubah (format PDF).
  • Naskah ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman dalam halaman berukuran A4, dengan marjin 3 sentimeter (batas kiri) dan 2 sentimeter (batas kanan, atas, dan bawah). Panjang naskah termasuk daftar pustaka 15-20 halaman.
  • Halaman muka naskah harus memuat judul naskah, nama penulis, nama lembaga tempat penulis berafiliasi, alamat email.
    • Judul ditulis dengan huruf kapital berukuran font 14pt, dicetak tebal dan rata tengah. Judul tidak melebihi 15 kata menggunakan Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris.
    • Nama, afiliasi dan alamat surat elektronik penulis ditulis dengan ukuran font 12pt rata tengah. Khusus nama, dicetak dengan huruf tebal.
  • Abstrak dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan panjang antara 100-200 kata dalam satu alinea. Abstrak ditulis pada halaman pertama naskah. Abstrak harus secara padat menyatakan tujuan naskah, isu/pertanyaan riset, metoda, hasil dan simpulan dan kontribusinya. Kata kunci terdiri dari 3 sampai 5 kata.
  • Isi naskah dibuat ditulis dengan huruf berukuran font 12 dan spasi 1,15.
  • Penulis tidak boleh mengidentifikasi diri secara langsung atau tidak langsung dalam naskah. Penulis tunggal tidak boleh menggunakan kata ganti “kami”.
  • Semua halaman harus bernomor urut.
  • Angka-angka dari satu sepuluh, kecuali dalam tabel dan daftar dan jika digunakan sebagai satuan atau kuantitas (jarak, berat dan ukuran) harus dieja. Sebagai contoh: tiga hari; 3 kilometer, 30 tahun. Semua angka-angka yang lain dinyatakan secara numeris.
  • Kata persen dalam teks menggunakan kata persen sedangkan dalam tabel dan gambar digunakan simbol %.
  • Setiap naskah hendaknya lebih mengutamakan sumber pustaka primer. Proporsi sumber pustaka terbitan 10 tahun paling sedikit 60% dari jumlah seluruh pustaka acuan.
  • Naskah yang ditulis paling meliputi komponen:
    • Pendahuluan: Bagian pendahuluan harus dapat menjelaskan rasionalitas dibalik penelitian yang ditulis, sehingga dapat dijustifikasi mengapa tulisan merupakan bagian esensial dari penelitian di bidangnya. Pendahuluan paling tidak harus mencakup latar belakang masalah, senjangan riset, rumusan tujuan dan manfaat penelitian.
    • Metode penelitian: Bagian ini secara eksplisit menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Tulisan diorganisasi dengan efektif agar pembaca dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan jelas tentang materi, alat dan tahapan yang dipergunakan dan dilakukan untuk menjawab persoalan penelitian. Penulisan dilakukan secara jelas dengan ukuran metode dapat mudah direplikasi, dengan menjabarkan desain, data dan sumber data, definisi operasional variabel/fokus penelitian, serta teknik analisis.
    • Hasil penelitian dan pembahasan: Hasil penelitian menguraikan secara langsung mengenai apa yang diobservasi dan diperoleh pada penelitian. Bagian ini menarasikan hasil penelitian tanpa memberikan interpretasi atau evaluasi. Pembahasan hasil penelitian harus mampu menginterpretasikan makna dari hasil penelitian (baik yang sesuai ekspektasi maupun tidak). Pembahasan harus sesuai dengan tujuan penelitian, dengan tetap mengacu pada tinjauan pustaka yang dibangun.
    • Penutup: Bagian penutup menyimpulkan secara singkat hasil dan pembahasan hasil penelitian. Simpulan hasil penelitian harus sesuai dengan tujuan penelitian. Tulisan juga perlu menjelaskan lebih lanjut mengenai implikasi dari hasil-hasil penelitan, beserta keterbatasan dari penelitian yang dibuat (baik ruang lingkup maupun kelemahan) dan saran yang sesuai untuk pengembangan penelitian di bidang yang dibahas.
  • Setiap naskah yang akan dikirim ke redaksi hendaknya terbebas dari kesalahan teknis seperti dari salah ketik, salah cara melakukan kutipan, tidak lengkap daftar referensinya.

 TABEL dan GAMBAR

Penulis harus memperhatikan persyaratan umum sebagai berikut.

  1. Setiap tabel, gambar (grafik) harus dimasukkan dalam badan artikel.
  2. Rujukan terhadap setiap tabel, gambar harus dibuat dalam naskah.
  3. Setiap tabel, gambar harus diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar dan sumber kutipan (bila relevan).
  4. Tabel, judul tabel, badan tabel, gambar dan judul gambar ditulis dengan Times New Roman font 11, spasi tunggal.
  5. Keterangan atas tabel dan atau gambar disertakan pada sisi bawah tabel atau sisi kanan gambar dengan font 10.

KUTIPAN dan REFERENSI

Gaya pengutipan naskah mengikuti APA style terutama untuk cara-cara merujuk dan penyajian rujukan dalam daftar referensi. Penulisan kutipan dan referensi disarankan menggunakan Mendeley atau perangkat lunak manajemen referensi lain.

Kutipan

  1. Satu sumber kutipan: (nama belakang, tahun)
  2. Dua atau lebih sumber kutipan: (nama belakang penulis pertama, nama belakang penulis kedua, dst, tahun)

Referensi

  1. Daftar referensi disusun berdasarkan urutan abjad.
  2. Susunan setiap referensi: nama penulis, judul artikel atau judul buku, nama jurnal atau penerbit, volume, nomor, tahun publikasi.
  3. Nama jurnal tidak boleh disingkat.
  4. Proporsi acuan pustaka terbitan 10 tahun terakhir, minimal 60%.
  5. Tidak diperkenankan menggunakan sumber pustaka dari repository tugas akhir, jurnal ilmiah mahasiswa serta blog.

Contoh Referensi

Contoh referensi dari jurnal:

Santosa, D. S. S. Dampak Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 3 (2), 2017

Contoh referensi buku:

Santosa, D. S. S. Dasar Teoretis Pembelajaran Diferentifikasi. Satya Wacana University Press, 2019

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.