STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMAHAMAN TEOLOGI REFORMED DENGAN PEMAHAMAN TEOLOGI PENTAKOSTA TENTANG NATUR MANUSIA
Abstract
STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMAHAMAN TEOLOGI REFORMED DENGAN PEMAHAMAN TEOLOGI PENTAKOSTA TENTANG NATUR MANUSIA. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan pemahaman komprehenship mengenai natur manusia. Hal ini penting karena Alkitab dengan eksplisit menjelaskan bahwa fokus seluruh ciptaan dan karya yang Allah lakukan semata-mata untuk manusia. Hal ini menjadi cerminan bahwa manusia sangat berharga karena diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kej. 1:26-27). Kesegambaran dengan Allah adalah natur ontologis manusia. Dalam natur tersebut juga terdapat konstitusi yang membedakan bagian manusia dalam keutuhannya. Terkait natur manusia, terdapat dua pandangan yang banyak dipegang oleh gereja. Mayoritas gereja Reformed memahami bahwa manusia adalah dikotomi (tubuh dan jiwa/roh), sedangkan Pentakosta memahami manusia adalah trikotomi (tubuh, jiwa, dan roh). Dalam mengungkap kedua pandangan, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research yang selanjutnya data akan dianalisis dengan studi komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman teologi Reformed dan Pentakosta memiliki persamaan dan perbedaan dalam memahami gambar dan rupa (imago Dei) dalam natur manusia dan konstitusi didalamnya. Terkait dengan imago Dei, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan terkait konstitusi natur manusia, keduanya memiliki perbedaan drastis terkait bagian immaterial yang berimplikasi terhadap pemahaman kehidupan setelah kematian.
References
Archer, Kenneth J. “God — Creation’ s Hope, Creation-God’s Home: A Pentecostal Theological Response to Terence E. Fretheim’s God and World in the Old Testament: A Relational Theology of Creation” 19 (2010): 198–212.
Bavinck, Herman. Reformed Docmatics: Abridged in One Volume. Edited by John Bolt. Grand Rapids: Baker Publishing, 2015.
Berkhof, Louis. Teologi Sistematika 2: Doktrin Manusia. Surabaya: Momentum, 2016. Boddy, Alexander. “The Indwelling and Abiding Trinity.” Confidence Vol. 5, no. No. 6 (1912).
Cortez, Marc. Theological Anthropology: A Guide for the Perplexed. London & New York: T & T Clark International, 2010.
Demkovich, Michael. A Soul-Centered Life: Exploring an Animated Spirituality. Minnesota: Liturgical Press, 2010.
G. C. Van Niftrik dan B.J Boland. Dogmatika Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Garret, James Leo. Systematic Theology, Volume 1, Fourth Edition: Biblical, Historical, and Evangelical. Eugene: Eerdmans, 1990.
Grundem, Wayne. Systematic Theology, An Introduction to Biblical Doctrine. Grand Rapids: Zondervan Publishing, 2000.
Gultom, Junifrius. “Teologi Misi Pentakostal in the Making.” Teologi Asosiasi Sarjana Pentakosta/Karismatik Indonesia (2018): 133–140.
H. Williams dan Angel M. Mergal., Ed. “Spiritual and Anabaptist Writers, Vol.25.” In On Free Will (1527), by George. Philadelphia: Westminster Press, 1957.
Heard, John Bickforf. The Tripartite Nature of Man: Spirit, Soul, and Body, Applied to Illustrate and Explain the Doctrines of Original Sin, the New Birth, the Disembodied State, and the Spiritual Body. USA: HardPress Publishing, 2019.
George W. Knight. The Role Relationships of Men and Women. Phillipsburg, New Jersey: Presbyterian and Reformed Publishing Company, 1985.
Khoo, Timothy Tow dan Jeffrey. Theology for Every Christian, A Systematic Theology in the Reformed and Premillenial Tradition of J. Oliver Buswell. Singapure: Far Eastern Bible College Press, 2007.
MacDonald, H. D. Doctrine of Man in Evangelical Dictionary of Theology. Edited by Walter A. Elwell. Grand Rapids: Baker Publishing, 1984.
Mccaig, A. “Of Human Nature” (1931).
Miller, Margaret Nagib & Kara. “Strengthening the Spirit and Restoring the Soul: Identifying, Understanding and Healing the Blocks with the Father, Son, and Holy Spirit.” Journal of Christian Healing Vol. 28, no. No. 1 (2012): 1-26.
Muliawan, Jasa Unggun. Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media, 2014. Nee, Watchman. The Release of the Spirit. New York: Christian Fellowship Publishers, 2000.
_____. The Spiritual Man. New York: Christian Fellowship Publishers, 1977. Schaff, Phillip dan Allan Menzies (ed). “Fathers of the Third Century: Tertullian, Part Fourth; Minucius Felix; Commodian; Origen, Parts First and Second.” In Book II: On the Soul (Anima), by Origen. Grand Rapids, Michigan: Christian Classics Ethereal Library, 2006.
_____. “Fathers of the Third and Fourth Centuries: Lactantius, Venantius, Asterius, Victorinus, Dionysius, Apostolic Teaching and Constitutions, Homily, and Liturgies.” In On the Workmanship of God, by Lactanius. Grand Rapids, MI: Christian Classics Ethereal Library, 1885.
_____ “Latin Christianity: Its Founder, Tertulian.” In Treatise on the Soul, by Tertulian. Grand Rapids: Christian Classsics Ethernal Library, 1885.
_____. “The Apostolic Fathers with Justin Martyr and Iranaeus.” In On the Resurrection, Fragments, IX-X, by Justin Martyr. Grand Rapids, Michigan: Christian Classics Ethereal Library, 2002.
_____. “Fathers of the Second Century: Hemas, Tatian, Athenagoras, Theophilus, and Clement of Alexandria (Entire).” In Tatian. XII-XIII by Tatian. Grand Rapids, Michigan: Christian Classics Ethereal Library, 2004.
_____. “From Nicene and Post-Nicene Fathers, First Series.” In On Forgivenness of Sin, and Baptism, by Augustine. Buffalo, NY: Christian Literature Publishing Co, 1887. Quasten, Johannes. Patrology Vol. 3 The Golden Age of Greek Patristic Literatur from the Council of Nicaea to the Council of Chalcedon. Wesminster, Maryland: Cristian Classics, Inc, 1986.
Russell, Walter Bo. “Does the Christian Have ‘Flesh’ in Galatians 5:13-26?” Journal of the Evangelical Theological Society 36, no. 2 (1993): 179-187.