Meningkatkan Hasil Belajar Pak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi

  • hendra Pusung
  • Josia Pantja Paruntung
  • Yati Parikaes

Abstract

Judul Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PAK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi di kelas XI SMA Nusaputra Jl. Teku Umar No.12 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Kota Tangerang Banten, Prodi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia Jakarta, Juli 2016. Pada penelitian ini bentuk yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana peneliti yang turun langsung ke lapangan untuk menerapkan model pembelajaran yang akan di teliti dalam meningkatkan hasil belajar PAK di kelas XI di SMA Nusaputra Jl. Teuku Umar No.12 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Tangerang Banten. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAK siswa dengan menggunakan model belajar kooperatif tipe artikulasi dan kemudian memberikan test formatif pada akhir pembelajaran. Sumber data penelitian ini diambil dari kondisi awal yaitu pada hasil akhir ulangan semester dan pada hasil penerapan model pembelajaran artikulasi pada siklus I dan siklus II dalam bentuk tes tertulis. Data yang sudah diambil kemudian dianalisa untuk menjadi hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar PAK kelas XI di SMA Nusaputra Jl. Teuku Umar No.12 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Tangerang Banten. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari tindakan yang dilakukan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada kelas XI di SMA Nusaputra Jl. Teuku Umar No.12 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Tangerang Banten.mengalami peningkatan hasil belajar siswa  yang signifikan yaitu pada kondisi awal 18% pada siklus I meningkat 63%  dan pada siklus meningkat menjadi 100%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dalam meningkatkan hasil belajar PAK kelas XI di SMA Nusaputra Jl. Teuku Umar No.12 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Tangerang Banten, berhasil.

References

Hamalik, Oemar. 1982. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Mengajar. Bandung: Tarsito.
Homrighausen dan Enklaar. 1957. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning, Efektifitas pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2009. Guru Profesional, Jakarta: PT Rajawali Pers.
Rooijakkers. 1991. Mengajar dengan sukses, Jakarta:PT Gramedia widiasarana.
Sitanggang, Sariaman. 2007. Bagaimana Menyusun KTSP dan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: CV. Engkrateia Putra Jaya.
Supardi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Diadit Media.
Syarifudin, dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran, Jakarta : Quantum Teaching.
Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu, Jakarta : Bumi Aksara.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional
Yarmin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2020-11-26