Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong

  • Nency Dwi
  • Sadrakh Sugiono
  • Aser Lasfeto

Abstract

Kompetensi Guru PAK Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X di SMA Efata Tangerang Serpong, Prodi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia Jakarta. Juli 2016. Penelitian ini bertujuan Menganalisi dan mengkaji data kompetensi guru PAK dan perilaku belajar bermasalah siswa untuk mengetahui tiap variabel dan seberapa besar kompetensi guru PAK dalam mengatasi perilaku belajar bermasalah siswa di kelas X SMA Kristen Efata serpong Tangerang Selatan.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Seberapa besar dampak kompetensi dominan guru PAK terhadap perilaku bermasalah siswa di kelas X SMA Kristen Efata Serpong Tangerang Selatan? Sumber penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Siswa kelas X. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pertanyaan tertutup. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan langsung (observasi) dan menyebar angket. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis secara deskriptif variabel independen kompetensi guru PAK dan variabel perilaku belajar bermasalah siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sempel jenuh yang artinya teknik penentuan sampel bila semua anggota populasinya digunakan sebagai sempel. Jumlah populasi dalam penelitian ini ini sebanyak 30 orang. Dalam deskripsi data setiap variabel penelitian meliputi perhitungan distribusi frekuensi data berdasarkan skala interval, histogram data tunggal, perhitungan mean, modus dan simpang baku atau standar deviasi. Uji persyaratan analisis diperlukan sebagai persyaratan melakukan uji hipotesis dengan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak kompetensi guru PAK terhadap perilaku belajar bermasalah siswa di kelas X SMA Efata Tangerang Serpong adalah kuat dengan menunjukkan korelasi sebesar 64,9%  Sedangkan indikator variabel kompetensi Guru PAK yang dominan memberikan kontribusi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa  adalah Indikator Kepribadian (X3) yang memberikan kontribusi terhadap perilaku belajar siswa  sebesar 42,4%.

References

Kelompok Kerja Pendidikan Agama Kristen PGI. 2010. Suluh Siswa 1: Bertumbuh dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Mulyasa,E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyanangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugianto. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tim penyusun, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Undang-Undang Dasar 1945 No.20 tahun 2003
Usman. User. 2006. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya,
Published
2020-11-26