Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak

  • Dede novalis
  • Yuel Sumarno
  • Josia Pantja Paruntung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat anak belajar mata pelajaran PAK siswa kelas X IPA 4 di SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat melalui strategi pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X IPA 4. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pembelajaran dilakukan dengan menerapkan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual disertai dengan lembar pengamatan minat belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat anak belajar mata pelajaran PAK siswa kelas X IPA 4 SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat. Terbukti persentase minat belajar anak meningkat dari kondisi awal sebesar 0% meningkat menjadi 63% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II.

References

Badar, Trianto Ibnu Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Homrighausen, E. G. dan I. H. Enklaar. 2014. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar, Guru Profesional. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setiawani, Mary dan Stephen Tong. 2003. Seni Membentu Karakter Kristen. Surabaya: Momentum.
Sijabat, B. S. 2013. Mengajar Secara Profesional. Bandung, Yayasan Kalam Hidup.
Surya, Hendra. 2005. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar bagi Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Suyanto dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2020-11-26