Meningkatkan Minat Belajar Dalam Bidang Studi PAK Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture

  • Helda Yun

Abstract

Penulis melakukan penelitian kepada siswa kelas 1 SD Kristen Bethel Petamburan yang terdiri dari 27 anak menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan untuk mencermati objek yang diteliti dengan tindakan secara berlangsung terhadap objek yang diteliti, dengan tujuan meningkatkan kualitas hasil penelitian. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, penulis melakukan praktek mengajar sebanyak tiga kali. Penelitian ini terdiri dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Dari penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan pada minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan hasil sebagai berikut, yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang memiliki minat belajar hanya terdapat 9 siswa (33,33%) mencapai rata-rata skor lebih besar sama dengan 2,51 (kualifikasi berminat). Sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang memiliki minat belajar terdapat 18 siswa (66,66%) mencapai rata-rata skor lebih besar sama dengan 2,51 (kualifikasi berminat) dan pada siklus II jumlah siswa yang memiliki minat belajar meningkat menjadi 26 siswa (96,29%) mencapai rata-rata skor lebih besar sama dengan 2,51(kualifikasi berminat). Hasil tes tertulis ulangan harian yang dilakukan pada kondisi awal dan setelah penggunaan model pembelajaran picture and picture pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada kondisi awal yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ada 22 siswa (81,48% ) dan pada kondisi akhir yang mencapai KKM ada 26 siswa (96,29%). Dari hasil penelitian tersebut, maka peranan guru PAK dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture sangat baik untuk meningkatkan minat belajar.

References

Alkitab, 2010, Alkitab Edisi Studi, Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia
Arikunto Suharsimi, 2009, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara,
Djamara Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta,
Nasution Irwan, 2005, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching,
Sidjabat, Mengajar Secara Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Kudus
Usman Uzer, 1994, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Published
2020-11-26