PENGGUNAAN ANIMASI 2 DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  • marchikal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui penggunaan animasi 2 dimensi bagi siswa kelas II SDS Eureka Nasional Plus Kota Depok. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Eureka Nasional Plus Kota Depok, dengan subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas II. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan film animasi 2 dimensi yang mana disertai dengan tes tertulis pada akhir kelas dan lembar penilaian terhadap guru dalam mengajar. Dan pada siklus II, pembelajaran dilakukan dengan penggunaan animasi 2 dimensi yang disertai tes tertulis di akhir pelajaran dan lembar penilaian terhadap guru dalam mengajar. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yakni, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II untuk melihat hasil belajar peserta didik yang dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan animasi 2 dimensi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDS Eureka Nasional Plus Kota Depok. Terbukti persentase hasil belajar peserta didik yang dilakukan dengan tes tertulis mengalami peningkatan dari 30% pada kondisi awal menjadi 70% pada siklus I dan menjadi 90% pada siklus II.

References

Mayer, Richard E. & Moreno, Roxana. 2002. Aids to Computer-based Multimedia Learning. Learning and Instruction 12.
Nainggolan, John M. 2009. PAK dalam Masyarakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi.
Sadiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
http://animation.about.com/od/glossaryofterms/g/2danim_def.htm [diakses 28/05/2016]
http://www.scribd.com/doc/132745016/Animasi-Interaktif-Melalui-Action-Script
N. Imamah. 2012. Peningkatan Hasil belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Konstuktivisme dipadukan Dengan Video Animasi materi Sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.
Published
2020-11-26