Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif

Analisis Isi terhadap Konsep Inkarnasi

  • Sadrakh Sugiono STT Bethel Indonesia
  • Johni Hardori STT Bethel Indonesia Jakarta

Abstract

Konsep inkarnasi telah digunakan untuk mengembangkan konsep dan model pelayanan pekabaran Injil, misi gereja, konsep komunikasi Kristen, namun pengembangan konsep desain pembelajaran berbasis konsep inkarnasi, masih sulit ditemukan. Analisis Isi terhadap konsep inkarnasi berbasis pendekatan sistem dan konsep domain desain pembelajaran bertujuan menghasilkan konsep domain desain pembelajaran inkarnatif. Hasil analisis  terhadap konsep inkarnasi  adalah: 1) inkarnasi terdiri dari serangkaian tindakan yang memiliki kategori sebagai desain sistem pembelajaran; 2) inkarnasi adalah Firman Allah menjadi manusia memenuhi kategori desain pesan pembelajaran; 3) inkarnasi adalah cara Allah berinteraksi langsung dengan manusia memenuhi kategori desain strategi pembelajaran; 4) inkarnasi menjadi manusia seutuhnya sebagai kategori desain karakteristik pebelajar dalam pembelajaran.

 

 

References

Daftar Pustaka
Arrington, French L. (2004). Doktrin Kristen: Prespektif Pentakosta. Jakarta: Departemen Media Badan Pekerja Sinode Gereja Bethel Indonesia.
Benson, Warren S. dan Mark H. Senter III. (1999). Pedoman Lengkap untuk Pelayanan Kaum Muda, Bandung: Kalam Hidup.
Brummelen, Harro Van. (2011) Berjalan Bersama Tuhan di Dalam Kelas. Surabaya: ACSII.
Chandra, R. I. (1996). Teologi dan komunikasi. Duta Wacana University Press.
Cully, Iris V. (19930) Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK.
Edlin, Richard J. (2015) Hakikat Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Harefa, F. L. (2020). Menggunakan Konsep Inkarnasi Yesus sebagai Model Penginjilan Multikultural. PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Lawrence, N. W. (2013). Metode Penelitian Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantatif): Jakarta: PT.
Prawiradilaga. (2007). Dewi Salma Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sijabat, B. Samuel. (1994) Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis – Filosofis. Yogyakarta: Yayasan Andi.
Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Published
2020-08-31
How to Cite
Sugiono, S., & Hardori, J. (2020). Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif. Diegesis : Jurnal Teologi, 5(2), 14-24. https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i214-24