Kuliah Umum: Mengenal Monster Pribadi dan Merawat Pohon Keluarga

Jakarta 23 Agustus 2017, telah dilaksanakannya kuliah umum dengan thema Mengenal Monster Pribadi dan Merawat Pohon Keluarga. Dalam kuliah umum kali ini STTBI mendatang kan seorang Penulis dan Terapis Keluarga yaitu Dr. Julianto Simanjuntak yang juga sebagai pendiri dari LK3 atau Layanan Konseling Keluarga dan Karir (LK3) pada tahun 2002.

Dalam kuliah umum ini dihadiri oleh Mahasiswa Reguler, Eksekutif dan juga Mahasiswa Pascasarjana, dan juga dihadiri oleh beberapa dosen yaitu Dr, Apin Militia Christy, Dr. Yuel Sumarno, Ivonne Sandra Sumual, M.Th, dan Andri Pasaribu, M.Th.,M.Si selaku moderator kuliah umum.

Adapun kuliah umum ini diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh tim pelayanan PAK 2015 lalu kemudian memasuki Kuliah Umum. Topik yang dibawakan oleh Dr. Julianto Simanjuntak pada sesi pertama adalah mengenai Duri Dalam Daging (2 Korintus 12:7-9). Kaitannya dengan dunia konselor, duri dalam daging ini adalah tentang masalah-masalah yang ada dalam diri maupu pribadi seseorang yang berdampak terhadap keberlangsungan keutuhan suatu keluarga, contohnya:

Sumber-sumber masalah diri dan keluarga, yaitu pola asuh yang buruk, Lingkungan yang buruk, Pengalaman yang buruk dan beberapa area yang menjadi sumber masalah (duri) itu yaitu Pikiran, Emosi, Kehendak dan Prilaku.

Pada sesi kedua Dr. Julianto Simanjuntak menjelaskan tentang pemulihan diri dan keluarga melalui berbagai hal. Yang menjadi kesimpulan menarik dari pada Kuliah Umum ini adalah kutipan akhir dari pada Dr. Julianto Simanjuntak ini adalah:

 

“Saya boleh punya masa lalu yang buruk, tetapi pernikahan yang sehat akan memulikan masa lalu yang buruk”

 

Kuliah ini pun diresponi dengan sangat baik dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan secara langsung mapun tidak langsung melalui secarik kertas.

Tuhan memberkati

Kembali