MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIFITAS MELALUI METODE BELAJAR PAIKEM DI SMP YP2TG KASIKAN

  • Heru Cahyono STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Robert Paul Trisna STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Hasiati Sinaga STT Bethel Indonesia, Jakarta
Kata Kunci: PAIKEM, Motivasi, Keaktifan belajar

Abstrak

Keaktifan belajar siswa menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan, karena berkaitan dengan keberhasilan interaksi antara guru dengan siswa. Fakta yang ditemukan yaitu kurangnya keaktifan belajar siswa saat pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari sebagian besar siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, siswa mengantuk di kelas, kurang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kelas, dan kurang aktif dalam memberikan respons. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemberian motivasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adapun peneliti melakukan penelitian ini menggunakan metode kolaborasi antara kualitatif deskriptif yang menggunakan jurnal, buku elektronik, serta data portofolio selama melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 Siklus. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa/i  gasal tahun 2020/2021 SMP YP2TG KASIKAN. Data yang diperoleh berupa hasil dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini memberikan Pada siklus I, pertemuan I ketercapaian pembelajaran sebesar 45% dan meningkat pada pertemuan II menjadi 60%. Pada siklus II, ketercapaian pembelajaran juga meningkat pada pertemuan III menjadi 75% dan pertemuan IV sebesar 82%. Dalam hal ini I capaian peningkatan hasil belajar siswa/i melebihi indikator kinerja yaitu 80% sehingga pembelajaran dikatakan berhasil.

Referensi

Barhoumi, C. (2015). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students’ Knowledge Management. Contemporary Educational Technology Journal, 221–238.

Benyamin, P. I., Sumarno, Y., & Fernando, L. C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajar Pendidikan Agama Kristen Di Smp Kristen Palangkaraya. Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–67.

Berutu, R. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas Xi Sman 2 Balige. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 129–136. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i2.13706

Chandra, D. C. (2019). Fungsi Teori dalam Metode Penelitan Kualitatif. Reseach Gate.

Hasiholan, A. M., & Fernando, Y. V. (2021). Manfaat Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Pendidikan Kristen pada Era Postmodern. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2401–2410.

Henricus Suparlan. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 57–74.

Hosea, A., Kathryn, S., & Ibrani, A. J. (2019). Implementasi Model Ellaboration Likehood Untuk Memulai Kembali Ibadah Pemuda di Gereja Bethel Indonesia Ring Rudal. Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(1), 16–22.

Mahendra, Y., & Riska Cahyadi, L. (2019). Penerapan Metode Cerita Bervariasi terhadap Karakter Siswa. Edukasi : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 1–23.

Metanfanuan, T. (2019). Penerapan PAIKEM dalam Proses Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Negeri 4 Kota Sorong Propinsi Papua Barat. Jurnal AKRAB JUARA, 4(3), 33–35.

Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi WhatsApp Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65–69. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i2.696

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan, September, 209.

Siahaya, A., & Ambarita, J. (2021). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 67–84. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.851

Sumarno, Y., Christi, A. M., Gracia, F. Y., Runesi, A., & Timadius, H. (2021). Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 226–244.

Diterbitkan
2021-05-31