PENERAPAN METODE PARAFRASE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HASIL UJIAN SISWA DI SMP BETHEL

  • Frans Pantan STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Alex Frans Nathanael Nasution STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Graciela Sharel Tanonggi STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Bertha Apricya STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Priskila Issak Benyamin STT Bethel Indonesia Jakarta
Kata Kunci: Metode Parafrase, Kemampuan Menulis, Kualitas Hasil Ujian

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam memparafrasekan puisi menjadi prosa dan mendeskripsikan bagaimana memparafrasekan metode meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam parafrase puisi untuk prosa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Sembilan SMP BETHEL. Topik penulisannya adalah parafrase puisi menjadi prosa. Data penelitian ini diambil dari nilai siswa pada pre-test dan post-test dan catatan observasi siswa dan guru aktivitas pada proses pembelajaran siklus I dan siklus 2 dengan menggunakan parafrase metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre-test hanya 8 siswa (40%) mencapai KKM (Kriteria Ketercapaian Minimum) sedangkan 12 siswa (60%) gagal. Pada siklus 1 terdapat 16 siswa (20%) mencapai KKM sedangkan 4 siswa (20) gagal. Pada siklus 2, semua siswa (100%) mencapai KKM. Disimpulkan bahwa Parafrase Metode dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas dua dalam parafrase puisi menjadi prosa di SMP BETHEL

Referensi

Bailey, S. (2017). Academic Writing: A Handbook for International Students. Routledge.

Damayanti, Y. (2018). Micro and macro Skills of Writing Foun d in the Writing Exercises of the Bridge English Competence for SMP Grade VIII. English Department, Faculty of Language and Arts, Semarang State University.

Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334

Hardori, J., Lasfeto, A., & Nababan, J. A. (2019). Pengembangan Nilai Religius Siswa melalui Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Samaria Kudus. Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–55.

Ismail, Sunubi, A. H., Halidin, A., Amzah, Nanning, & Kaharuddin. (2020). Paraphrasing technique to develop skill for english writing among indonesian college students of English. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 291–297. https://doi.org/10.31838/srp.2020.11.43

Novalis, D., Sumarno, Y., & Paruntung, J. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1), 27–39.

Pantan, F. (2016). Metafisika Pendidikan Iman di Gereja. Diegesis: Jurnal Teologi, 1(1).

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). The Role of Families in Children’s Education during the Covid-19 Pandemic [Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19]. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Prihatin, Y., & Sari, R. H. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4537–4546. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1606

Rosmini Silaban. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Metode Latihan Siswa Kelas 1 SD Negeri 014 Pagaran Tapah Darusalam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 16–24.

Wiryohadi, W. (2014). Gereja Berbasis Visi dan Misi Kerajaan Allah. In J. Gultom & F. Pantan (Eds.), Reaffirming our Identity (1st ed., p. 261). STT Bethel Indonesia.

Wongkar, A. A., & Sumarno, Y. (2020). Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 1–7.

Diterbitkan
2021-05-31