PENGAPLIKASIAN WHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 SOE

  • Aser Lasfeto STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Rut STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Ellen Inggriati Wake Lulu STT Bethel Indonesia, Jakarta
Keywords: Teacher, Christian Education, learning, google classroom, whatsapp

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in learning outcomes of Christian Religious Education for the use of appropriate and interesting methods, to create educative interactions so that students develop their creativity and easily accept the lessons given. The researcher used the class action method with the CBSA-based PAIKEM model for 2 cycles in class XI of SMA Negeri 1 Soe. This research was successfully applied in high school because in cycle I and cycle II it brought a significant increase starting from an average number of 60, in the initial condition it changed drastically to 85 in the final condition, it can be understood that this has increased in 4 people. In this way, the number of students experiencing learning completeness increased from 60% to 85%, meaning an increase of 4% from 12 students.

References

Benyamin, Priskila Issak. 2020a. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 3(1): 25–35.

———. 2020b. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3(1): 13–24.

Dwi, Nency, Diana Sadrakh, and Aser Lasfeto. 2019. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10(2): 40–49.

Gratia, Yada Putra, Priskila Issak Benyamin, Yuel Sumarno, and Valentiono Wariki. 2020. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Jurnal Ecodunamika 3(1): 1.

Hosea, Amos. 2019. “Fenomena Kelompok Sel (Cell Group) Dalam Gereja Lokal.” Diegesis: Jurnal Teologi 3(2): 1–11.

Hosea, Amos, Susanna Kathryn, and Allen Jordi Ibrani. 2019. “Implementasi Model Ellaboration Likehood Untuk Memulai Kembali Ibadah Pemuda Di Gereja Bethel Indonesia Ring Rudal.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat I(1): 16–22.

Lumbanraja, Morris Adolf Theodorus et al. 2019. “Efektivitas Pelatihan Penginjilan Pribadi Kepada Mahasiswa Kristen Di UNAKI Semarang.” Matheo: Jurnal Teologi/Kependetaan 9(2): 19–30.

Muryati, Muryati, Yusak Setianto, Priskila Issak Benyamin, and Alex Frans Nathanael Nasution. 2020. “Strategi Mengatasi Kemarahan Melalui Perumpamaan Berdasarkan Yunus 4.” Jurnal Teologi Gracia Deo 3(1): 14–23.

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, and Josia Pantja Paruntung. 2019. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10(1): 27–39.

Pantan, Frans et al. 2019. “Studi Eksploratif Pemahaman Jemaat GBI Victory Tentang Teologi Kemakmuran.” MATHEO: Jurnal Teologi/Kependetaan 9(1): 25–38.

Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristina Natalia. 2020. “PENGARUH PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK USIA 7-12 TAHUN TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI SEKOLAH MINGGU.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 10(1).

Pradipta, Dio Angga, Heru Cahyono, and Lisnawati Sormin. 2020. “Pelaksanaan Pemuridan Untuk Meningkatkan Kedewasaan Rohani Di GPdI Garoga.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 2(1): 7–12.

Sirait, Erita Dewi, and Sadrakh Sugiono. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bethel Petamburan.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11: 16–31.

Sumarno, Yuel, Stephano Ambesa, Marthen Abi, and Vanny Paendeong. 2019. “Diakonia Transformatif Di GBI Lembah Pujian Kefamenanu Dalam Mengentaskan Tuna Aksara.” Matheo : Jurnal Teologi/Kependetaan 9(2): 71–84.

Sumarno, Yuel, and Rini Ocktavian. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 10(1).

Wartoni, Wartoni, and Priskila Issak Benyamin. 2020. “Strategi Pengembangan Tes Objektif (Pilihan Ganda).” Diegesis: Jurnal Teologi 5(1): 1–8.

Wongkar, Anggrini Amelia, and Yuel Sumarno. 2020. “PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMTK.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11(1): 1–7.

Published
2020-05-31
How to Cite
Aser Lasfeto, Rut, & Ellen Inggriati Wake Lulu. (2020). PENGAPLIKASIAN WHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 SOE . Pneumata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21-26. Retrieved from http://sttbi.ac.id/journal/index.php/pneumata/article/view/223