PENERAPAN METODE BELAJAR TEBAK GAMBAR DI SEKOLAH MINGGU GBI KARUNIA, KEBAYORAN LAMA

  • Yogi Mahendra STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Shirley Lasut STT Bethel Indonesia, Jakarta
  • Faormasi Sihombing STT Bethel Indonesia, Jakarta

Abstract

Educating children is the duty of parents and the church. One of the facilities that the church has prepared so that children's education can run well is Sunday school. However, today's Sunday school is more directed to the completion of God's Word material. Not how to educate them in the truth, but to be boring. Therefore, creative learning methods are needed so that God's word can be internalized properly. The purpose of this study was to apply the guessing game learning method for internalizing the Word of God at the Bethel Indonesia Church in Kebayoran. The research method used is library research by using a descriptive qualitative approach. The results of the implementation of community service that the team carried out had an impact on the faith growth of Sunday school children which could be seen as (i) children knew the nature of Sunday school, (ii) teachers knew biblical learning methods based on visual media and (iii) school teachers week to be creative because games using online platforms are very helpful for children to learn God's word.

References

Benyamin, Priskila Issak. 2020. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3(1): 13–24.

Benyamin, Priskila Issak, Yoel Sumarno, and Leo Christ Fernando. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajar Pendidikan Agama Kristen Di Smp Kristen Palangkaraya.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 62–67.

Betakore, Yoel, Yada Putra Gratia, and Rita Subiati. 2019. “Penerapan Manajemen Pengawasan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kahayan Hulu Utara Kalimantan Tengah.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 68–72.

Chandra, Donny Charles. 2019. “Fungsi Teori Dalam Metode Penelitan Kualitatif.”

Desmita. 2010. “Psikologi Perkembangan Cetakan Ke-IV.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ding, Diego Kasa. 2015. “Media Pembelajaran Pengenalan Alkitab Pada Anak-Anak Sekolah Minggu Berbasis Multimedia.” Universitas Samarinda.

Dwi, Nency, Diana Sadrakh, and Aser Lasfeto. 2019. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10(2): 40–49.

Hardori, Johni, Aser Lasfeto, and Jefri Agus Nababan. 2019. “Pengembangan Nilai Religius Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMA Samaria Kudus.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 49–55.

Hosea, Amos. 2018. “Fenomena Kelompok Sel (Cell Group) Dalam Gereja Lokal.” Diegesis: Jurnal Teologi 3(2): 1–13.

Mahendra, Yogi, and Lim Riska Cahyadi. 2019. “PENERAPAN METODE CERITA BERVARIASI TERHADAP KARAKTER SISWA.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 10(1): 1–23.

Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal pendidikan akuntansi indonesia 8(2).

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, and Josia Pantja Paruntung. 2019. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10(1): 27–39.

Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristina Natalia. 2020. “PENGARUH PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK USIA 7-12 TAHUN TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI SEKOLAH MINGGU.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 10(1).

Panuntun, Daniel Fajar. 2019. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2(2): 202.

Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. 2019. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2(2): 193–208.

Pilland, Harry M. 1984. Perkembangan Gereja Dan Penginjilan Melalui Sekolah Minggu. Bandung: Lembaga Literatur Baptis.

Rajagukguk, Johanes S. P., and Lion Sugiono. 2020. “Tinjauan Liturgis Unsur-Unsur Ibadah Pentakosta Terhadap Kedewasaan Rohani.” Matheo : Jurnal Teologi/Kependetaan 10(1): 37–51.

Riady, Sheila Claudy Riady, Steven Sentinuwo, and Stanley Karouw. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Anak Sekolah Minggu Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika.

Runesi, Anastasia, Frans Pantan, Josia Pantja Paruntung, and Fardi Lala. 2019. “Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Di SMA Negeri 1 Hawu Mehara.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 73–79.

Sanjaya, Wina. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Prenada Media.

Setyobekti, Andreas Budi. 2014. “Mengafirmasi Kembali Nilai-Nilai Pengajaran Gereja Bethel Indonesia.” In Reaffirming Our Identity: Isu-Isu Terpilih Menjawab Perubahan Sekaligus Mempertahankan Identitas, eds. Junifrius Gultom and Frans Pantan. Jakarta: Bethel Press.

———. 2017. Pondasi Iman. Jakarta: Bethel Press.

Sumarno, Yuel, Yogi Mahendra, and Penti Armilia Kontesa. 2019. “Pelatihan Guru Sekolah Minggu Sebagai Fasilitator Dalam Membentuk Karakter Anak Kelas Toddler Di GBI Pekan Raya Jakarta.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 56–61.

Susanta, Yohanes Krismantyo. 2019. “Tradisi Pendidikan Iman Anak Dalam Perjanjian Lama.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2(2): 139–50.

Susanto, Leo. 2008. Kiat Sukses Mengelola Dan Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: ANDI.

Wariki, Valentino, Muryati, and Kevin David Poli. 2019. “Implementasi Pengajaran Yang Berorientasi Kepada Kehidupan Kristen Sejati Untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Youth GBI Eben Heazer.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat I(1): 1–12.

Yaumi, Muhammad. 2018. Prenata Media Group Media Dan Teknologi Pembelajaran - Dr. Muhammad Yaumi, - Google Buku.

Published
2020-05-31
How to Cite
Yogi Mahendra, Shirley Lasut, & Faormasi Sihombing. (2020). PENERAPAN METODE BELAJAR TEBAK GAMBAR DI SEKOLAH MINGGU GBI KARUNIA, KEBAYORAN LAMA. Pneumata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-18. Retrieved from http://sttbi.ac.id/journal/index.php/pneumata/article/view/221