Bentuk Pendampingan Pastoral untuk Anak Kecanduan Gadget

  • Rode Rini Universitas Persada Indonesia
  • Antonius Sitompul STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Ishak DM Ubro STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Priskila Issak Benyamin STT Bethel Indonesia Jakarta
  • Anastasia Runesi STT Bethel Indonesia Jakarta
Keywords: Addiction, Gadgets, Healing, Family, Church

Abstract

Gadgets have high-value benefits when used to help humans work. Nevertheless, it will have the opposite impact if it is used to play games, access porn videos, and play social media without a clear purpose. If there is no assistance and control action, it will lead to more complicated problems. The purpose of this study is to reveal a pastoral counseling strategy to deal with children who are addicted to playing with gadgets. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed that the form of pastoral assistance that can be applied to children who are addicted to gadgets is medical therapy to restore the child's physical, maximizing the role of the family in educating following child psychology, as well as the church that conducts counseling and involves children in church activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Yahya. “Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi ‘Digital Ecclesiology.’” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 270–283.

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Asrori, A. “Terapi Kognitif Perilaku Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 3, no. 1 (2015): 89–107.

BEEK, Aart van. Pendampingan Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Benyamin, Priskila Issak. “Teknologi Dan Media Pembelajaran.” Research Gate (2019). https://www.researchgate.net/publication/337487103_Teknologi_dan_Media_Pembelajaran.

BULETIN APJII. “SURVEI APJII : Penetrasi Internet Di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa.” BULETIN APJII.

Christi, Apin Militia. Homiletika: Cara Menyusun Dan Menyampaikan Khotbah Yang Inspiratif. Jakarta: STT Bethel Indonesia, 2018.

———. “Jesus As the Healer.” Pemikiran Teolog Gereja Bethel Indonesia tentang Teologi Pentakosta 1, no. 1 (2012): 249–267.

Clinebell, Howard. Basic Type of Pastoral Care and Counseling. Nashville: Abington Press, 1984.

Engel, J.D. Pastoral Dan Kebutuhan Dasar Konseling. Edited by PK Kristihandari. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Fitri, Dian. “Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mahasiswa Cognitive Behavior Theraphy Effectiveness in Reducing Students Public Speaking Anxiousness.” Jurnal Psikologi 10, no. 1 (2017): 64–73.

Gultom, Junifrius. “Mendengar Suara-Suara Lain: Dekontruksi Paradigma Misi, Menjawab Tantangan Global Dan Tren Post Modernitas.” In Pemimpin Yang Mengembangkan Jemaat Misioner, edited by Frans Pantan, 195. 1st ed. Jakarta: Departemen Theologia dan Pendidikan BPH & STT Kharisma, 2009.

Hosea, Amos. “Merekayasa Model-Model Baru Misi Kristen Dalam Tantangan Arus Globalisasi Dan Perkembangan Teknologi Informasi Mutakhir.” In Pemimpin Yang Mengembangkan Jemaat Misioner, edited by Frans Pantan, 231. 1st ed. Jakarta: Departemen Theologia dan Pendidikan BPH & STT Kharisma, 2009.

Johni Hardori. “Pola Asuh Orangtua Dalam Memperkenalkan Yesus Kristus Kepada Anak Batita.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2008): 65–85.

———. “The Lost of Pastoral Ministry.” In Reaffirming Our Identity, 285. Jakarta: STT Bethel Indonesia, 2014.

Mahfud, Muhammad Nuhman, and Aprilya Wulansari. “Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif.” In Seminar Nasional Pendidikan, 58–63, 2018.

Marbun, Purim _. “Gereja Sebagai Pusat Pendidikan Jemaat.” In Readdirming out Identity: Isu-Isu Terpilih Menjawab Perubahan Sekaligus Mempertahankan Identitas, edited by Frans Pantan and Junifrius Gultom. Jakarta: Bethel Press, 2104.

Nizar, Al, and Siti Hajaroh. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa.” El Midad: Jurnal PGMI 11, no. 2 (2019): 169–192.

Nugroho, Fibry Jati. “Pendampingan Pastoral Holistik: Sebuah Usulan Konseptual Pembinaan Warga Gereja.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 139.

Pakpahan, Gernaida Krisna R. “Keselamatan: Suatu Pemaparan Singkat Tentang Keselamatan.” In Guru Teolog Dan Pemimpin Yang Membagi Hidup, edited by Frans Pantan and Stephano Ambesa, 225. 1st ed. Jakarta: Gereja Bethel Indonesia Jemaat Eben Haezer, Seminari Bethel& Departemen Media Litbang BPH GBI, 2008.

Pantan, Frans. “Metafisika Pendidikan Iman Di Gereja.” Diegesis: Jurnal Teologi (n.d.).

———. “Ontologi Pendidikan Iman Kristen.” In Education for Change, edited by Junifrius Gultom. Jakarta: Bethel Press, 2017.

Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristin Natalia. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak Di Sekolah Minggu.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2012): 1–20.

Rosiyanti, Hastri, and Rahmita Nurul Muthmainnah. “Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 4, no. 1 (2018): 25.

Sitompul, Ronal Paul. “Pelayanan Pemuda Di Era Teknologi Digital.” Sekolah Tingi Teologi Torsina Surakarta (2015).

Sumarno, Yuel. “Strategi Paikem Terpadu Sebagai Sarana Membawa Perubahan Dalam Bidang Pendidikan Agama Kristen.” In Education For Change, edited by Frans Gultom, 199. 1st ed. Jakarta: Bethel Press, 2017.

Susanti, Henny dwi. “‘How To Track Baby Feedings’ Penerapan Model Dokumentasi Dengan Menggunakan Software Sebagai Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Bayi.” Jurnal Keperawatan 5, no. 2 (2014): 142–153.

Tapiheru, George. “Peranan Roh Kudus Dalam Pekabaran Injil.” In Guru Teolog Dan Pemimpin Yang Membagi Hidup, edited by Frans Pantan and Ambesa, Stephano A, 135. 1st ed. Jakarta: Gereja Bethel Indonesia Jemaat Eben Haezer, Seminari Bethel& Departemen Media Litbang BPH GBI, 2008.

Widya, Rika. “Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak.” Jurnal Abdi Ilmu 13, no. 1 (2020): 29–34.

Winny. “Cuplikan 09 : Penggunaan Gadget Pada Anak — 2 Jam Sudah Terlalu Lama.” I C T - Information Communication Technology, Technology.

Wiryasaputra, Totok S, and Rini Handayani. Pengantar Kedalam Konseling Pastoral. Salatiga: Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia, 2013.

Published
2019-11-30
How to Cite
Rini, R., Sitompul, A., Ubro, I. D., Benyamin, P. I., & Runesi, A. (2019). Bentuk Pendampingan Pastoral untuk Anak Kecanduan Gadget. Matheo : Jurnal Teologi/Kependetaan, 9(2), 1-18. https://doi.org/10.47562/matheo.v9i2.183