ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR BETHEL TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA
Abstract
Masalah tentang guru sebagai pendidik merupakan topik riset yang tidak habis untuk diteliti. Peran penting guru masih tetap diyakini sebagai salah satu faktor paling utama dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Sebagai pendidik, guru harus memiliki komptensi yang baik sehingga dapat menjadi pendidik yang kreatif dan produktif serta mampu melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Kompetensi guru mencakup bidang kognitif, sikap dan perilaku atau performance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap keberhasilan pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 20 orang dan sampel adalah 19 orang guru SD Bethel Tanjung Priok, dan diambil dengan teknik Random. Menentukan jumlah sampel menggunakan formula emperis yang dianjurkan oleh Isaac & Michael. Tetapi karena populasi kurang dari 100 orang maka semua populasi dijadikan sebagai responden sehingga penelitian ini dilakukan secara sensus. Analisa data penelitian menggunakan metode statistika dengan bantuan program SPSS. Prosedur pengolahan data dilakukan dengan cara (1) menyeleksi data; (2) menentukan bobot nilai jawaban item penelitian dan skor; (3) melakukan analisa deskriptif; dan (4) uji regresi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran di SD Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.
Downloads
References
Danim, H. S. (2013). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Jihad, Asep dan Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Marbun, J. (2011). The Unfinished Task: Tugas Yang Belum Selesai. Jakarta: GBI Permata.
Moh, Uzer, U. (2010). Menjadi Guru Prrofesional. Bandung: Rosdakarya.
Nurdin, S. (2005). Dosen Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat: Ciputat Press.
Paul Suparno. (2002). Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.
Poerwadarminta, W. J. S. (1978). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Ridwan dan Kuncoro, A. E. (2007). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2011). Model-Model Peembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algesindo.
Sumardjoko, B. (2010). Membangun Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi Analisis Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, M. dan M. (2010). Standarisasi Kenerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zain, S. B. D. & A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2021 Diegesis : Jurnal Teologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).