STRATEGI PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF (PILIHAN GANDA)

  • Wartoni Wartoni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Banten
  • Priskila Issak Benyamin STT Bethel Indonesia

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah menganalisis strategi pengembangan tes objektif. Studi ini merupakan generalisasi dari beberapa penelitian terdahulu yang membahas mengenai strategi pengembangan tes objektif. Penelitian-penelitian terdahulu dikumpulkan melalui pencarian di Google Scholar, Sage, dan Elsevier. Hasil-hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan Teknik meta analisis yang dilakukan secara kualitatif. Hasil studi menunjukkan adanya strategi tertentu yang perlu dilakukan untuk mengembangkan tes objektif. Strategi tersebut adalah sebagai berikut: (1) Analisis karakteristik materi yang akan diteskan; (2) Pengembangan distractor; (3) Mengatur format jawaban; (4) Melakukan review instrumen; (5) Uji coba pengetesan; (6) Analisis butir soal; (7) Membandingkan hasil pengetesan dengan hasil dari instrumen bentuk lain. Berdasarkan hasil studi ini, maka disarankan kepada guru atau pengembang instrumen untuk menggunakan tujuh langkah tersebut sebagai strategi untuk mengembangkan instrumen tes objektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew S. Bondy., Effects of Reviewing Multiple-Choice Tests On Specific versus General Learning. Journal Teaching of Psychology. Volume 5 (3) 1978
Benyamin, P. I., Gratia, Y. P. 2020. Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan. Jurnal Ecodunamika. Vol. 3 (1), 2020
Bromley H. Kniveton., A correlational analysis of multiple-choice and essay assessment measures. Research in Education. Vol 56, (1), 1996
Christin Siegfried., Eveline Wuttke. Are multiple-choice items unfair? And if so, for whom? Citizenship, Social and Economic Education. Vol 18 (3), 2019
David R. Hampton., Textbook Test File Multiple-Choice Questions can Measure (A) Knowledge, (B) Intellectual Ability, (C) Neither, (D) Both. Journal of Management Education. Vol 17, (4), 1993
Donald Hogben., The Reliability, Discrimination and Difficulty of Word-Knowledge Tests Employing Multiple Choice Items Containing Three, Four, or Five Alternatives. Australian Journal of Education. Vol 17, (1), 1973
Mark D. Smith. Cognitive Validity: Can Multiple-Choice Items Tap Historical Thinking Processes? American Educational Research Journal. Vol 54 (6), 2017
Mark J. Gierl, Okan Bulut, Qi Guo, and Xinxin Zhang., Developing, Analyzing, and Using Distractors for Multiple-Choice Tests in Education: A Comprehensive Review. Review of Educational Research. Vol 87, (6), 2017
Michael Currie, Thanyapa Chiramanee., The effect of the multiple-choice item format on the measurement of knowledge of language structure. Language Testing. Vol 27, (4), 2010
Putri, F.S., Istiyono, E., Nurcahyanto, E. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Bentuk Pilihan Ganda Beralasan (Politomus) di DIY. Unnes Physics Education Journal. Vol 5 (2), 2016
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., Amtiran, A. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Vol. 1(1), 2020
Steven C. Funk, K. Laurie Dickson., Multiple-Choice and Short-Answer Exam Performance in a College Classroom Multiple-Choice and Short-Answer Exam Performance in a College Classroom. Teaching of Psychology. Vol 38, (4), 2011
Yigal Attali, Cara Laitusis, and Elizabeth Stone., Differences in Reaction to Immediate Feedback and Opportunity to Revise Answers for Multiple-Choice and Open-Ended Questions. Educational and Psychological Measurement. Vol 76, (5), 2016
Yigal Attali., Reliability of Speeded Number-Right Multiple-Choice Tests. Applied Psychological Measurement. Vol 29, (5), 2005
Yuniar, M., Rakhmat, C., Saepulrohman, A. Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Jurnal PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 (2), 2015
Published
2020-06-30
How to Cite
Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF (PILIHAN GANDA). Diegesis : Jurnal Teologi, 5(1). https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%p