Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara

  • Jannes Eduard Sirait STT Bethel Indonesia

Abstract

Masalah tentang guru sebagai pendidik merupakan topik riset yang tidak habis untuk diteliti. Peran penting guru masih tetap diyakini sebagai salah satu faktor paling utama dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Sebagai pendidik, guru harus memiliki komptensi yang baik sehingga dapat menjadi pendidik yang kreatif dan produktif serta mampu melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Kompetensi guru mencakup bidang kognitif, sikap dan perilaku atau performance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap keberhasilan pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 20 orang dan sampel adalah 19 orang guru SD Bethel Tanjung Priok, dan diambil dengan teknik Random. Menentukan jumlah sampel menggunakan formula emperis yang dianjurkan oleh Isaac & Michael. Tetapi karena populasi kurang dari 100 orang maka semua populasi dijadikan sebagai responden sehingga penelitian ini dilakukan secara sensus. Analisa data penelitian menggunakan metode statistika dengan bantuan program SPSS. Prosedur pengolahan data dilakukan dengan cara (1) menyeleksi data; (2) menentukan bobot nilai jawaban item penelitian dan skor; (3) melakukan analisa deskriptif; dan (4) uji regresi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran di SD Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, H. S. (2013). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Jihad, Asep dan Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Marbun, J. (2011). The Unfinished Task: Tugas Yang Belum Selesai. Jakarta: GBI Permata.

Moh, Uzer, U. (2010). Menjadi Guru Prrofesional. Bandung: Rosdakarya.

Nurdin, S. (2005). Dosen Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat: Ciputat Press.

Paul Suparno. (2002). Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.

Poerwadarminta, W. J. S. (1978). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Ridwan dan Kuncoro, A. E. (2007). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2011). Model-Model Peembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1998). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algesindo.

Sumardjoko, B. (2010). Membangun Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi Analisis Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, M. dan M. (2010). Standarisasi Kenerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zain, S. B. D. & A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2021-02-27
How to Cite
Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara . Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 49-69. https://doi.org/10.46933/DGS.vol6i149-69