Hari Pertama: WORKSHOP PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENULISAN JURNAL

Jakarta, 6 September 2017. Telah dilaksanakan Workshop Perncanaan Pembelajaran dan Penulisan Jurnal yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan GBI, Asosiasi Pendidikan Bethel (APB) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia (STTBI) Jakarta. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari.

Kegiatan ini dimulai pukul 08:00-15:00, diawali dengan ibadah dan renungan singkat yang dibawakan oleh Dr. Johni Hardori lalu dilanjutkan dengan workshop yang pertama, yaitu Perencanaan Pembelajaran.

Narasumber Workshop ini adalah B.S Sidjabat, Ed.D. Beiau adalah seorang Dosen di STA Tiranus, Cimahi, Bandung. Memiliki keahlian di bidang Pendidikan Kristen Filsafat dan Konseling. Beliau juga adalah seorang penulis buku di antaranya adalah buku Pendidikan Agama Kristen. Kegiatan Workshop ini di laksanakan dalam dua sesi yang di moderatori oleh Ferdinand Edu M.Th, sesi pertama diisi dengan materi tentang Pembuatan Kurikulum dan Komponen-komponennya, Peran dan Fungsi Kurikulum, Membuat Silabus atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS), secara khusus pembahasan Silabus atau RPS adalah pembuatannya yang sesuai dengan DIKTI 2015.

Pada saat break di sesi pertama diisi dengan perkenalan tentang Asosiasi Pendidikan Bethel (APB) yang dibawakan oleh Ketua STTBI Jakarta Dr. Purim Marbun dan Dr. Gernaida Pakpahan. Dalam sesi perkenalan APB, secara khusus membahas mengenai STT yang di naungi oleh Sinode GBI maupun yang   dinaungi oleh Gereja Lokal GBI, tentang Akreditasi dan keanggotaan bebearapa STT di APB dan tentang peran APB dalam membantu dosen-dosen STT serta untuk meningkatkan kualitas STT di lingkungan GBI dan keampuan dosen-dosen menulis karya-karya ilmiah.

Lalu pada saat memasuki sesi kedua, para peserta yang hadir yaitu dari beberapa STT, seperti STTBI, STT Karisma, STT REM, STTB The Way, STTB Medan, STT Kingdom Bali, STT Ambon, STT Elshadai, STT Terpadu Waingapu dan STT Harvest Semarang mengisi form dari narasumber yaitu sebuah Questioner untuk mengentahui kepribadian pengajar dan motode apa yang cocok dipakai yang sesuai dengan kepribadian seorang dosen tersebut, lalu dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang Metode Mengajar di Perguruan Tinggi.

Di akhir dari sesi kedua ditutup dengan pembagian kelompok untuk latihan membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) atau Silabus seperti apa yang sudah dipaparkan, kelompok dibagi menjadi empat, yaitu Kelomppk dosen Teologi, dosen PAK, dosen Konseling Pastoral dan dosen Musik Gerejawi, dan diakhiri dengan doa penutup.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai esok hari (Kamis, 7 September 2017).

Tuhan Yesus memberkati.

 

Kembali