Chapel Pembukaan Tahun Ajaran Baru

Dr. Purim Marbun memimpin doa penutup kotbah

STTBI – Awal tahun 2020 STT Bethel Indonesia juga mengawali tahun ajaran baru dalam bentuk kegiatan ibadah chapel. Ibadah chapel pembukaan tahun ajaran baru di pimpin oleh anggota senat mahasiswa dan kotbah dibawakan oleh ketua STT Bethel Indonesia Dr. Purim Marbun

berikut ringkasan kotbah yang disampaiakn oleh Pdt. Purim Marbun (Ketua STT)

Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan (Efesus 5:15‭-‬17 TB)

Pergunakanlah waktu dengan baik, tuntutan kita adalah bagaimana kita mengelolanya. Jadi jikalau Paulus berkata pergunakanlah waktu artinya pergunakanlah kesempatan yang ada.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai waktu:
1. Waktu adalah menjadi peristiwa yang tak dapat diulang.
2. Waktu begitu singkat, bejalan begitu cepat
3. Waktu tidak bisa diganti, apa yang terjadi hari ini tidak bisa di tukar dengan waktu yang akan datang
4. Waktu tidak dapat di beli, sebanyak apapun uang mu waktu tidak bisa dibeli, oleh sebab itu Paulus berkada pergunakanlah waktu yang ada.

Mengapa ada mahasiswa selalu terlambat, mengerjakan tugas terlambat, dan masalah-masalah waktu lainnya, dikarenakan mereka tidak bisa mempergunakan waktu dengan baik

1. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, didalamnya harus memiliki manajemen waktu Berkaitan Mengelola waktu Pikirkan apa yang penting dan genting, Pikirkan apa yang penting dan tidak genting, Pikirkan apa yang genting dan tidak penting. Beberapa hal diatas menuntut kita harus memikirkan apa yang urgensi dalam hidup kita dan apa yang penting, terlelbih lagi seseorang harus memiliki catatan pribadi atau agenda. 

2. Gunakan waktu dengan bijak (Kol 4:5) menggunakan skala prioritas. Apa yang berguna dan bermanfaat? apa yang bermanfaat dan berpengaruh? Dan apa yabg berpengaruh dan bersampak? Dan apa yang berdampak lalu membawa perubahan dalam hidup saya. Lakukanlah segala kegiatan yang memiliki nilai-nilai yang mambawa perubahan dalam hidup anda. 

3. Jangan menunda. Kebiasaan menunda waktu ditemukan hampir di setiap orang. Akibatnya semakin ia menunda waktu semakin lama menyelesaikan pekerjaan. Kej. 19:25-26 (tentang istri lot) menoleh kebelakang berbicara menunda waktu, akibatnya menjadi tiang garam. Sebagai mahasiswa juga tidak boleh menunda menyelesaikan kuliah sehingga harusnya empat tahun kuliah menjadi lima atau enam tahun kuliah karena menunda waktu. Mulai membuat agenda dan mengatur waktu apa yang akan dibuat untuk waktu yang akan datang. 

4. Belajar menghitung waktu. Maz. 90:12 ajarlah kami menghitung hari agar kamu beroleh hati yang bijaksana. Atinya agar kita mengetahui kesempatan yang masih kita miliki dan bagaimana kita memanfaatkannya. Setiap orang harus memiliki prinsip untuk mempergunakan waktu dengan baik, mana yang harus dikerjakan dan mana yang ditunda

Setelah penyampaian Firman, acara dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu Indonesia raya dan Hymne Seminari. Lalu dilakukan prosesi singkat dalam bentuk ketuk palu yang dilakukan oleh ketua STTBI Dr. Purim Marbun.

Ketuk Palu

Selanjutnya ibadah ditutup dengan doa berkat yang dibawakan oleh Dr. Frans pantan

Demikian rankaian ibadah Chapel Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2020 STT Bethel Indonesia. Tuhan memberkati

Kembali