Jakarta 8 November 2017, pada minggu kedua bulan november ini sivitas akademika mengadakan chapel yang secara khusus menghadirkan Dr. Erastus Sabdono sebagai pembicara. Tidak seperti kotbah biasanya Dr. Erastus Sabdono membahas topik yang berkaitan langsung dengan Seminari Bethel Jakarta terutama mengenai karakter dan kehidupan kerohanian Mahasiswa STT Bethel Indonesia.

Roma 12:1

Sekolah ini menjadi beban bathin dan pikiran. Sehingga sulit melupakan Seminari Bethel yang selama puluhan tahun ada di sini.

Terbeban untuk membangun infrastruktur dan lebih terbeban lagi untuk membangun karakter mahasiswa.

Seorang pelayan jemaat (pendeta sampai aktivis) harus dapat mewakili Tuhan Yesus di tengah2 jemaat. Pernahkah kita berpikir apakah kita sudah layak disebut sebagai wakil Tuhan Yesus.

Mewakili Tuhan berarti memiliki karakter seperti Yesus. Dunia sudah rusak dan sudah merambah dimana2. Untuk menjadi representasi Yesus berarti menampilkan kehidupan Yesus seperti ketika Ia di dunia ini.

Hari-hari ini kependetaan sudah menjadi profesi bukan dedikasi.

Kekristenan jemaat mula-mula bukan hanya berbicara tentang mujizat dan bahasa roh namun lebih menekankan karakter seorang Kristen (bertahan dalam penderitaan, saling mengasihi, dll).

Pola pikir yang diubah melahirkan pola hidup yang diubah.

Untuk menganal Tuhan dan mengalami perubahan pola pikir, kepintaran saja tidak cukup. Diperlukan hikmat dan wahyu dari Tuhan.

Setiap unsur Seminari Bethel harus melesatarikan spirit Om Ho (kesetiaan, impartasi roh, berdoa).

Perlu melatih diri dengan konsisten untuk mengubah pola hidup.

Kapan kita dapat membahagiakan Tuhan?

  1. Ketika kita memiliki kesempatan untuk melakukan dosa namun kita tidak melakukannya.

  2. Ketika kita memiliki kesempatan menikmati dunia namun kita tidak melakukannya.

  3. Waktu keadaan terjepit, kita berseru kepada Nya

  4. Ketika Tuhan menuntut yang terbaik dari hidup kita.

 

Ibadah chapel juga dihadiri beberapa dosen termasuk Ketua STT Bethel Dr. Purim Marbun yang sekaligus juga menutup rangkaian ibadah chapel dengan doa berkat.

Demikian rangkaian kegiatan ibadah chapel minggu ini. Tuhan memberkati.